Tips Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami - Gigi kita selain berfungsi alat perobek,pemotong dan pengunyah makanan yang kita makan juga mempunyai fungsi penting lain dalam kehidupan kita yaitu untuk menunjang penampilan kita.

Saat kita berbicara atau tertawa gigi kita akan selalu terlihat. Apa jadinya jika gigi kita kuning?? Bisa jadi orang yang kita ajak bicara atau tertawa akan merasa ilfeel, walaupun mereka tidak akan mengatakannya langsung pada kita.

Memiliki gigi putih dan sehat merupakan impian setiap orang baik pria maupun wanita. Cara memutihan gigi berikut ini sebenarnya tidak perlu anda lakukan jika anda rajin membersihkan dan merawat gigi. Namun bagaimana bila ternyata gigi kita sudah terlanjur kuning??? Anda nggak perlu khawatir karena kali ini saya akan memberikan tips memutihkan gigi secara alami yang bisa anda lakukan sendiri.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara memutihkan gigi secara alami, mungkin ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu penyebab gigi kuning. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebabnya, berikut ini beberapa faktor Penyebab gigi kuning :

1. Jarang menggosok gigi
2. Aktifitas merokok,ternyata nikotin yang terkandung dalam rokok sangat berefek tehadap warna gigi.
3. Terlalu sering mengkonsumsi teh dan kopi.
4. Penggunaan obat tetes mata secara berlebih.
5. Akibat penggunaan obat pemutih gigi yang tidak cocok.

Ada cara mudah dan praktis untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan pemutih gigi. Namun, bagi sebagian orang, mereka tidak merasa cocok untuk menggunakan produk pemutih gigi. Mereka sering merasa sakit bahkan malah bisa menimbulkan masalah kesehatan mulut lainnya ketika menggunakannya. Daripada memaksakan penggunaan pemutih, beralihlah ke cara-cara tradisional untuk memutihkan gigi seperti yang akan saya ulas dibawah ini.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

1. Rutin Menyikat Gigi
Tips yang paling mendasar, usahakan anda menykat gigi setiap hari 3x, atau minimal 2x sehari yaitu pada pagi hari, siang dan pada malam hari sebelum anda tidur, dan jangan lupa pilihlah sikat gigi yang tidak berbahaya untuk gusi anda. Menyikat gigi yang baikminimal memerlukan waktu selama 3 menit. Menyikat gigi juga tidak perlu keras-keras karena dapat merusak gusi anda. Lakukan kebiasaan baik ini secara rutin agar kesehatan gigi anda tetap terjaga.

2. Memutihkan Gigi dengan Arang
Ini merupakan salah satu Cara tradisional warisan leluhur yang hampir terlewatkan. Arang kayu atau abu batubara dapat membantu dalam pemutihan gigi. Abu kayu memiliki kalium hidroksida sebagai komponen yang membantu dalam pemutihan gigi. Anda dapat menggunakannya langsung untuk pengganti pasta gigi Anda dengan arang kayu yang telah dihaluskan dan menyikatnya, atau menggabungkan dengan pasta gigi dan sikat gigi Anda. Tapi Anda juga harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi lakukan sewajarnya saja.

3. Menggunakan Siwak
Siwak atau miswak (Arab:سواك) adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Siwak dapat terbuat dari akar pohon apapun dengan syarat yakni halus dan lembut serta terjaga kebersihannya. Mengenai siwak ini akan saya bahas khusus pada postingan selanjutnya pada pembahasan Manfaat siwak menurut islam dan kesehatan.

4. Memutihkan Gigi dengan Stroberi
Stroberi mengandung zat untuk pemutihan gigi dan bekerja sangat baik untuk membersihkan gigi. Tapi ya, itu sangat penting bahwa Anda harus segera menyikat gigi anda setelah menggunakan strawberry tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah, memotong mereka dan gosok mereka pada gigi Anda. Anda juga dapat menumbuknya kemudian menerapkannya ke sikat gigi Anda, dan sikat gigi Anda dengan itu. Atau campurkan strawberry yang telah ditumbuk dengan sejumput baking soda dan sikat gigi Anda dengan campuran tersebut.

5. Secara Alami, Gunakan Kulit Lemon
Anda juga bisa memanfaatkan kulit lemon untuk mencerahkan warna gigi. Caranya, kupas buah lemon dan pisahkan kulitnya. Gosoklah kulit lemon pada gigi secara menyeluruh selama lima menit. Kemudian sikat gigi sampai bersih dengan pasta gigi.

6. Buah / Sayuran Renyah
Buah dan sayuran yang renyah seperti apel, pir dan wortel bekerja seperti sikat gigi alami dan pemutih gigi. Buah dan sayuran renyah tersebut dapat mengangkat noda dan membersihkan gigi secara maksimal tanpa merusak enemel gigi. Makanlah buah dan sayuran setelah Anda makan besar.

7. Secara Tradisional, Gunakan Daun Salam
Daun salam tak hanya digunakan untuk memasak. Memanfaatkan daun salam merupakan salah satu cara tradisional memutihkan gigi yang aman. Caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun salam, jemur, dan setelah kering remas-remas hingga bubuk. Tambahkan kulit jeruk yang juga telah dihaluskan, atau sudah menjadi bubuk. Campurkan keduanya, kemudian gosokkan ke gigi anda. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Manfaatkan Kacang Almond
Untuk melindungi enamel gigi, penting untuk mengonsumsi makanan yang bersifat alkali, seperti almond, kentang, buah-buahan, dan sayuran. Jika pH mulut terlalu rendah (basa) atau tinggi (asam) dapat menyerang enamel gigi Anda. Karena itu, mengonsumsi makanan yang bersifat alkali dapat meningkatkan pH dan mencegah hiper-asam dalam mulut.

9. Memutihkan Gigi dengan Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dapat digunakan sebagai pemutih gigi alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda dapat mencampurnya dengan sedikit saja baking soda dan sedikit garam untuk membuat pasta pemutih. Jadikan campuran ini sebagai campuran pasta pemutih gigi.

10. Mengunakan Biji Pinang
Cara menggunakannya yakni bakar terlebih dulu biji pinang sampai menjadi seperti arang. Kemudian haluskan atau hancurkan biji pinang tersebut sampai benar-benar halus dan lembut. Setelah itu gunakan dengan cara menggosokkan pada gigi anda menggunakan katun. Cara ini cukup anda lakukan setiap 2 mingu sekali saja.

11. Memutihkan gigi dengan mengonsumsi produk susu
Tahukah anda, beberapa produk susu yang terjual di pasaran seperti keju atau jenis makanan lain (yogurt) yang mengandung kalsium yang tinggi akan sangat baik dikonsumsi untuk membantu memutihkan dan menguatkan gigi kita. Jadi perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terutama susu.

12. Memutihkan Gigi Dengan Berhenti Merokok
Perlu anda ketahui bahwa yang namanya rokok mengandung tar dan campuran tembakau yang menjadikan gigi Anda berwarna kuning. Jika Anda benar-benar ingin memutihkan gigi maka sebaiknya Anda berhenti merokok mulai dari sekarang. Selain dapat memutihan gigi, merokok juga dapat membuat hidup anda lebih sehat.

Cara memutihkan gigi kuning diatas apabila dilakukan secara rutin dan teratur saya yakin perlahan gigi anda akan jadi putih. Lakukan kebiasaan hidup yang baik dan sehat karena dengan begitu kesehatan anda akan tetap terjaga, termasuk kesehatan gigi.

Selamat mencoba! Mudah-mudahan tips tersebut dapat bermanfaat bagi anda khususnya yang membaca artikel ini. Terimakasih atas kunjungannya di blog ini.