Cara Budidaya Rumput Gajah

Cara Budidaya Rumput Gajah - Bagi sebagian orang rumput  hanyalah gulma atau musuh karena sering mengganggu tanaman dan tidak ada manfaatnya. Namun ada juga rumput yang malah dibudidayakan dan ditanam dengan teknik tertentu. Rumput ini tidak tumbuh sembarangan seperti rumput teki misalnya, atau rumput lainnya, namun kalau ditanam, rumput gajah akan mudah sekali tumbuh dan cepat panennya.

http://holikulanwar.blogspot.com/2016/02/cara-budidaya-rumput-gajah.html
Rumput ini adalah rumput raksasa, saking besarnya maka rumput ini disebut dengan rumput gajah. Namun apakah rumput ini akan diberikan kepada gajah? Tidak, rumput ini tidak diberikan kepada gajah melainkan untuk pakan ternak seperti lembu atau kerbau. Manfaat rumput gajah bagi ternak sangat terasa ketika kita memberikan mereka makan. Rumput yang besar ini bisa membuat lembu cepat kenyang sehingga pertumbuhannya cepat.

Cara Menanam Rumput Gajah

Menanam rumput gajah bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu penanaman secara vertikal dan secara miring. Keduanya bisa dilakukan dengan mudah. Biasanya orang melakukan pembudidayaan rumput gajah dengan cara menanam batang yang dipotong-potong seperti menanam singkong. Rumput gajah bagus sekali sebagai pakan ternak, selain bentuknya yang besar membuat ternak cepat kenyang, juga rumput ini cepat masa panennya.

Cara Panen

Masa panen rumput gajah bagusnya yaitu pada hari ke-50, pada masa ini rumput gajah belum tua dan berbunga dan tidak terlalu muda. dan rumput yang bagus untuk pakan ternak juga rumput yang tidak terlalu muda dan tidak tua atau berbunga. Rumput gajah yang telah berbunga merupakan indikasi bagi ketua-an rumput ini.

Cara Memanen rumput gajah adalah dengan cara memotong batang nya dari bagian tanah, kira-kira dengan ketinggian 10-15 cm dari permukaan tanah. Kalau pemotongannya tinggi atau terlalu rendah, maka tunas yang tumbuh tidak akan banyak, maka pemotongan rumput gajah harus diperhatikan dengan jarak yang pas dari tanah.

Manfaat Rumput Gajah
Rumput Gajah banyak dibudidaya untuk keperluan makanan ternak. Untuk penggemukan sapi, kebutuhan minimal berkisar 1,5-0,8 bahan kering dari bobot sapi yang digemukkan. Jadi, seekor sapi yang akan digemukkan berbobot 200 kg akan diberikan rumput gajah segar yang mengandung 21% bahan kering. Dengan demikian, kebutuhan minimal hijauan sapi yang akan digemukkan itu adalah 200x0,5/100x1kg= 1.0 kg bahan kering atau 4,8 kg bentuk segar rumput gajah. Namun, dikarenakan selalu ada bagian yang tidak dimakan (sisa batang), maka pemberian dilebihi 5% dari kebutuhan, jadi kira kira rumput gajah segar yang akan diberikan kepada sapi yang akan digemukkan sebanyak 105/100 x 4,8 kg = 5, 05 kg.

Selain sebagai makanan ternak, rumput gajah dapat dimanfaatkan untuk bahan produksi fiber, penahan erosi tanah, maupun sebagai pagar. Ukurannya yang relatif besar dan pertumbuhannya yang cepat membuat rumput gajah merupakan pilihan yang paling tepat untuk pakan ternak. Selain itu manfaat rumput gajah yang lain adalah sebagai pencegah erosi dan mengawetkan tanah.

Demikianlah sedikit tentang manfaat rumput gajah dan cara menanam dan cara memanen rumput gajah untuk persediaan pakan ternak seperti lembu dan kerbau. Semoga bermanfaat.