Belajar dan Berbagi

Selasa, 30 Agustus 2016

Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Rambut Secara Alami

Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Rambut - Rambut merupakan karunia Tuhan sangat berharga terutama dalam menunjang penampilan seseorang. Bahkan bisa dikatakan bahwa rambut adalah mahkota, sehingga sangat penting bagi kita untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan  dan kecantikan rambut yang kita miliki.

Tidak sedikit orang yang menginginkan memiliki rambut indah, sehat dan berkilau. Karena rambut yang sehat, indah dan berkilau akan membuat penampilan seseorang terutama kaum wanita semakin memukau. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, tentu saja membutuhkan proses dan perawatan yang rutin.

Sekarang ini sudah bukan rahasia lagi jika orang rela melakukan berbagai perawatan mahal di salon demi mendapatkan rambut yang indah berkilau. Hal itu mungkin bukanlah masalah bagi mereka yang berdompet tebal. Namun, bagi yang berdompet tipis, perawatan disalon hanyalah angan-angan semata.

Merawat rambut tidak harus dilakukan di salon. Anda juga dapat melakukan beberapa cara merawat rambut secara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Dan perawatan rambut dengan cara alami inipun hasilnya tak kalah berkualitas dibanding hasil dari salon.

Merawat rambut sendiri di rumah tidaklah sulit. Pengerjaannya pun mudah dan hanya menggunakan berbagai bahan alami yang mudah didapat. Tentu saja perawatan secara alami ini tidak akan menimbulkan efek samping bahkan dapat dilakukan oleh seorang wanita hamil sekalipun tanpa harus khawatir dengan efek obat-obatan kimia yang dapat mempengaruhi janin.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips cara merawat dan menjaga kesehatan serta kecantikan rambut Secara Alami.

Cara menjaga kesehatan rambut yang pertama adalah dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya. Daun lidah buaya mengandung zat yang mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut akan menjadi lebat dan sehat. Cara memanfaatkannya adalah dengan membelah daun lidah buaya dan oleskan lendirnya ke seluruh bagian rambut hingga benar-benar merata.

Tutuplah menggunakan handuk kecil kemudian diamkan hingga sekitar 30 menit. Sesudah itu, cucilah rambut anda seperti biasa. Lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam satu minggu secara rutin selama setidaknya 1 bulan. Setelah itu, lihatlah perubahan rambut anda yang kini semakin lebat dan hitam berkilau.

Cara yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan  kemiri. Kemiri yang kita kenal sebagai bumbu dapur ini ternyata bisa digunakan untuk Menjaga dan merawat kesehatan serta kecantikan rambut kita. Kemiri yang akan digunakan sebagai penyubur rambut adalah kacang kemiri yang sudah dijadikan menjadi minyak kemiri. Minyak ini dapat anda dapatkan di toko atau bisa juga anda buat sendiri dirumah.

Caranya, cukup dengan membakar atau menyangrai beberapa buah kemiri hingga mengeluarkan minyak. Kemudian, tumbuk kemiri hingga halus lalu oleskan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama 1 hingga 2 jam lalu bilas hingga bersih. Tidak hanya mampu menyuburkan rambut, kemiri juga berfungsi memperkuat rambut serta membuat rambut lebih hitam.

Cara merawat kesehatan rambut yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan daun waru. Jika biasanya pohon ini banyak diabaikan dipekarangan belakang rumah,yang biasanya hanya kita gunakan kalau ada orang hajatan untuk membungkus makanan sekarang anda dapat memanfaatkannya untuk membuat rambut menjadi hitam dan berkilau. Caranya adalah dengan menumbuk sejumlah daun waru sampai mengeluarkan lendir.

Pisahkan antara lendir dan daun waru yang sudah hancur dengan cara menyaringnya. Tempatkan lendir daun waru kebotol kecil kemudian embunkan selama 24 jam. Setelah itu, anda dapat menggunakannya dengan cara mengoles lendir tersebut ke seluruh bagian rambut mulai dari ujung hingga pangkal rambut. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu dan lihat perubahan rambut anda yang akan menjadi lebih berkilau dan sehat.

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan mengeringkan rambut secara lembut. Jangan menggosok rambut dengan terlalu kasar karena akan merusak sel-sel didalamnya yang kemudian akan menyebabkan rontok. Karena itulah, sebaiknya anda mengeringkan rambut dengan cara mengangin-anginkan hingga mengering. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein. Kandungan protein akan membuat rambut menjadi halus dan berkilau.

Makanan yang banyak mengandung protein adalah telur, kacang, umbi dan lain-lain.elain itu untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung pada siang hari. Matahari diatas pukul sembilan pagi akan memancarkan sinar matahari yang sifatnya jahat. Jika anda tidak mengenakan topi, sinar tersebut akan membuat rambut anda menjadi kusam dan kering.

Baca juga artikel cara mengatasi rambut rontok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Rambut Secara Alami