Belajar dan Berbagi

Rabu, 20 Februari 2019

Kata kata Bijak Abraham Lincoln | Abraham Lincoln’s wise words

Abraham Lincoln (1809-1865) adalah salah satu presiden terbesar dalam sepanjang sejarah kepresidenan di Amerika terutama karena upayanya dalam mempersatukan bangsa dari perpecahan, memperjuangkan kebebasan kaum budak, serta perjuangannya dalam mengatasi perang saudara di Amerika pada masa itu.

Kendati pada masa kecilnya pernah bekerja sebagai tukang kayu, tukang pos hingga penjaga kedai, berkat kegigihannya dalam memperjuangkan kebebasan demokrasi serta upaya kerasnya dalam menentang perbudakan membawanya menjadi seorang pengacara yang kemudian terjun ke dunia politik yang sedang carut-marut pada masa itu.

Abraham Lincoln sempat beberapa kali gagal dalam pencalonan hingga akhirnya dirinya terpilih menjadi orang nomor satu di Amerika. Lincoln tewas terbunuh pada tanggal 15 April 1865 oleh seorang penembak yang juga pemain sandiwara bernama John Wilkes Booth yang kemudian diduga memiliki gangguan jiwa. Kisah Abraham Lincoln merupakan kejadian pembunuhan presiden pertama kali di Amerika menyusul John F. Kennedy yang juga bernasib sama kemudian.

http://holikulanwar.blogspot.co.id/2014/06/kata-kata-bijak-abraham-lincoln-abraham-lincoln-wise-words.html

Kebebasan demokrasi yang dinikmati oleh Amerika hingga saat ini masih dianggap merupakan hasil upaya dan jasa besar yang dibawa oleh Abraham Lincoln selama menjabat menjadi presiden.

Abraham Lincoln’s wise words

You cannot help the poor by destroying the rich.

You cannot strengthen the weak by weakening the strong. You cannot bring about prosperity by discouraging thrift.

You cannot lift the wage earner up by pulling the wage payer down. You cannot further the brotherhood of man by inciting class hatred.

You cannot build character and courage by taking away people’s initiative and independence.

You cannot help people permanently by doing for them, what they could and should do for themselves.

“I can see how it might be possible for a man to look down upon the earth and be an atheist, but I cannot conceive how a man could look up into the heavens and say there is no God.” 

Kata Kata Bijak Abraham Lincoln

“Jangan khawatir bila anda tidak diakui, tetapi berusahalah agar anda layak untuk diakui”

“Anda dapat membohongi semua orang dalam satu waktu, dan beberapa orang dalam setiap waktu, tetapi anda tidak dapat membohongi semua orang sepanjang waktu”

“Seorang sahabat adalah orang yang memiliki musuh yang sama seperti yang anda miliki”

“Ingatkan selalu bahwa tekad Anda untuk sukses adalah lebih penting daripada hal lainnya”

“Amerika tidak akan pernah dihancurkan dari luar. Jika kita goyah dan kehilangan kebebasan kita, maka itu dikarenakan kita yang menghancurkannya”

“Pada akhirnya, bukanlah tahun-tahun dalam hidup anda yang dihitung. Tetapi hidup anda dalam tahun-tahun andalah yang dihitung”

“Karakter adalah bagaikan pohon dan reputasi bagaikan sebuah bayangan. Bayangan adalah apa yang kita pikirkan, dan pohon adalah wujud nyatanya”

“Pemerintahan ialah dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat, yang tak akan binasa dari muka bumi”

“Ketika saya berbuat baik, saya merasa baik. Ketika saya berbuat buruk, saya merasa buruk. Itulah keyakinan saya”

“Kekhawatiran saya bukanlah apakah Tuhan berada di pihak kita. Tetapi kekhawatiran saya adalah untuk berada di sisi Tuhan, karena Tuhan selalu Benar!”

“Kebanyakan orang bahagia karena mereka menjadikan pikiran mereka demikian”

“Sesuatu mungkin datang kepada mereka yang menunggu. Hanya saja sesuatu itu pergi terhadap mereka yang terburu – buru”

“Saya tidak terikat untuk menang, tetapi saya terikat untuk menjadi nyata. Saya tidak terikat untuk sukses, tetapi saya terikat dengan cahaya yang saya miliki. Saya harus berdiri bersama dengan siapapun yang yang berdiri di jalur yang benar, dan berdiri dengan mereka yang saat itu benar, dan berpisah dengannya ketika mereka mulai salah”

“Beri aku enam jam untuk menebang sebuah pohon dan aku akan menghabiskan empat jam pertama untuk mengasah kapak”

“Saya sangat percaya kepada orang, jika diberikan kebenaran, mereka dapat diandalkan ketika menghadapi krisis nasional. Dan kuncinya adalah membawakan mereka pada hal-hal yang nyata sedang terjadi”

“Pastikan bahwa anda meletakkan kaki anda di tempat yang tepat, lalu berdirilah dengan kokoh”

“Oleh karena masalah kita baru, maka kita harus berfikir dengan cara baru dan bertindak secara baru pula”

“Sebuah rumah yang membelah dirinya sendiri, takkan dapat berdiri”

“Aku mengingat doa ibuku dan mereka selalu saja mengiringiku. Mereka tetap tinggal dalam diriku sepanjang hidup”

“Hal terbaik mengenai masa depan adalah ia datang pada suatu hari pada suatu waktu”

“Biarkan presiden untuk menginvasi negara tetangga, ketika ia menganggapnya perlu untuk mengusir invasi, dan anda mengizinkannya untuk melakukan hal demikian, ketika ia dapat menganggapnya perlu untuk satu tujuan – dan anda mengizinkannya untuk menciptakan perang dalam kesenangan”

“Mereka yang menolak kebebasan kepada orang lain, maka kebebasan itu tak layak pula untuk dirinya”

“Filosofi dari ruang sekolah dalam satu generasi, juga akan menjadi filosofi di pemerintahan pada masa mendatang”

“Apapun diri anda, jadilah seorang yang hebat”

“Menyebut ekor sebagai kaki tidak akan membuatnya menjadi kaki”

“Mimpi ku adalah sebuah tempat dan waktu dimana Amerika akan sekali lagi terlihat menjadi tempat harapan terakhir di muka bumi ini”

“Hal – hal yang ingin kutahu ada di dalam buku, sahabat terbaik adalah orang yang akan memberikanku sebuah buku yang belum aku ketahui”

“Saya tidak menyukai orang itu. Oleh karena itu, saya harus mengenalnya dengan lebih baik”

“Saya mengerjakan hal terbaik yang saya tahu, hal terbaik yang saya bisa, dan saya bermaksud untuk melakukannya sampai akhir”

“Setiap orang menyukai sebuah pujian”

“Saya tak akan menjadi seorang budak pekerja, maka itu saya tak akan menjadi tuannya. Dan ini mengekspresikan ide saya tentang adanya demokrasi”

“Orang yang terlihat biasa-biasa saja adalah yang terbaik di dunia. Itulah sebabnya Tuhan menciptakan begitu banyak dari mereka”

“Aku akan mempersiapkan diri dan suatu hari kesempatanku akan datang”

“Sepanjang hidup, aku telah mencoba memetik ‘thistle’ dan menanam bunga dimanapun bunga dapat tumbuh di dalam pikiran dan pemikiran”
(thistle = sejenis bunga)

“Aku menghancurkan musuhku ketika aku menjadikan mereka sebagai temanku”

“Saya seorang yang lamban, tetapi saya tak pernah mundur ke belakang”

“Perhatian terbesar saya bukanlah apakah anda telah gagal, tetapi apakah anda puas dengan kegagalan anda”

“Saya tidak terlalu memikirkan orang yang tak lebih bijaksana pada hari ini dibandingkan dirinya kemarin”

“Buku menunjukkan kepada seseorang bahwa pemikiran asli mereka bukanlah hal baru sama sekali”

“Hindarilah popularitas jika anda menginginkan kedamaian”

“Saya selalu menemukan bahwa belas kasihan lebih kaya dibandingkan dengan hukum yang ketat”

“Pernikahan bukanlah surga atau neraka, tetapi hanyalah penyucian”

“Aku tak pernah memiliki kebijakan, saya hanya melakukan yang terbaik setiap kali dan setiap hari”

“Sudah menjadi pengalaman saya, bahwa orang-orang yang tidak memiliki kejahatan memiliki kebajikan yang sangat sedikit”

“Tak peduli seberapa banyaknya kucing – kucing berkelahi, akan selalu ada banyak anak kucing pada akhirnya”

“Jika setelah anda kehilangan kepercayaan dari sesama, anda tak pernah bisa mendapatkan kembali pengakuan dan penghargaan dari mereka”

“Jika saya berwajah dua, akankah saya mengenakan yang satu ini?”

“Prinsip – prinsip penting haruslah memungkinkan, dan haruslah tidak fleksibel”

“Saya ingin melihat seseorang bangga dengan tempat dimana ia tinggal. Saya ingin melihat seseorang hidup sehingga tempatnya berada akan bangga terhadap dirinya”

“Saya berharap dapat berdiri cukup kokoh untuk tidak mundur, dan tidak maju terlalu cepat untuk menghancurkan masalah dalam negara”

“Ia yang memiliki hak untuk mengkritik, memiliki hati untuk menolong”

“Ada syair tua yang tak kuingat siapa penyairnya, berbunyi:  “Kebenaran adalah anak daripada waktu”

“Jika ini adalah kopi, bawalah saya teh. Tetapi jika ini adalah teh, bawakan saya kopi”

“Tak ada orang yang cukup baik mengatur orang lain tanpa persetujuan dari yang lain”

“Cara bagi orang yang masih muda untuk berkembang adalah meningkatkan dirinya dalam segala hal yang ia mampu, tanpa mencurigai bahwa setiap orang ingin menghalangi dirinya”

“Setiap kali saya mendengar seseorang berdebat mengenai perbudakan, maka saya merasakan suatu dorongan yang kuat untuk melihat seandainya perbudakan itu terjadi pada dirinya sendiri”

“Orang – orang ini meminta hal yang sama, keadilan dan keadilan saja. Yang sejauh ini dalam kekuasaanku, mereka dan yang lainnya, sudah seharusnya memilikinya”

“Aku tak tahu siapa kakekku dulunya. Aku lebih peduli untuk mengetahui bagaimanakah cucunya akan menjadi pada hari kelak”

“Jika ada sesuatu hal yang dapat dilakukan seseorang dengan baik, ku katakan biarkan ia melakukannya! Berilah dia kesempatan”

“Orang – orang akan menyelamatkan pemerintah, jika pemerintah itu sendiri memang mengizinkannya”

“Opini publik di negara ini adalah segalanya”

“Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk menggambarkan orang lain sebagaimana mereka melihat diri mereka sendiri”

“Ketidakjujuran dan sanjungan merupakan saudara kandung”

“Ketika anda menangkap gajah dari kaki belakangnya, maka ia akan berusaha untuk lari, maka hal yang terbaik adalah membiarkannya lari”

Itulah sedikit biografi singkat presiden Besar Amerika Serikat Abraham Lincoln dan beberapa  kata kata Bijak beliau. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kata kata Bijak Abraham Lincoln | Abraham Lincoln’s wise words