Cara Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Cara Mencegah dan Mengatasi Diabetes -  Diabetes Melitus (Kencing Manis) adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat.

Insulin adalah hormon yang dilepas oleh pangreas, yang merupakan zat utama yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang tepat. Insulin menyebabkan gula berpindah ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau di simpan sebagai cadangan energi.

Pada umumnya penyakit diabetes ini ditemukan di daerah perkotaan, banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes ini adalah penyakit keturunan, padahal dari sejumlah penderita penyakit ini, masih sedikit yang tercatat disebabkan oleh faktor keturunan.

Penyakit diabetes pada umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak terkontrol atau sebagai efek samping dari pemakaian obat – obatan tertentu. Kebiasan hidup sehari – hari juga sangat mempengaruhi orang terkena diabetes.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga/mencegah penyakit diabetes menjangkiti anda adalah sebagai berikut....

1. Berat badan ideal
Yang pertama untuk mencegah diabetes adalah dengan menjaga berat badan ideal. Obesitas atau kegemukan merupakan faktor utama terjadinya penyakit diabetes pada orang dewasa.Selain itu, menjaga berat badan ideal adalah hal penting bagi hampir semua orang yang ingin melakukan cara hidup sehat, dan hal yang sangat berperan penting bagi anda yang mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes.

2. Berhenti merokok
Selain erat kaitannya dengan penyakit jantung dan kanker paru-paru, merokok juga berperan dalam perkembangan penyakit diabetes. Belum ada peneletian yang resmi mengungkapkan bahwa merokok menjadi salah satu penyebab diabetes, tetapi bagi perokok berat yang menghabiskan lebih dari 20 batang perhari akan meningkatkan resiko hingga tiga kali lipat terkena penyakit diabetes dibandingkan dengan yang bukan perokok.

3. Aktifitas fisik
Cara mencegah diabetes selanjutnya adalah dengan memperbanyak melakukan aktifitas fisik yang banyak memakai energi dalam tubuh. Selain untuk mengendalikan berat badan dalam standar normal, aktifitas fisik membuat sel tubuh lebih responsif dalam menerima insulin. Berolahraga setiap hari atau setidaknya seminggu 5 kali bisa kita lakukan untuk langkah hidup sehat sekaligus juga mencegah diabetes.

4. Makanan sehat
Makanan sehat untuk penyakit diabetes disarankan yang rendah lemak jenuh, tetapi kaya serat dan juga mengurangi kadar gula dan garam dalam makanan sehari-hari. Bagi penderita diabetes, konsumsi gula dalam jumlah sedikitpun bisa membuat kadar gula menjadi tinggi. Beberapa makanan sehat untuk diabetes antara lain adalah:
  • Kaya serat, yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Minum produk susu yang rendah lemak.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak hewani.
  • Mengurangi konsumsi gula.
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak trans, biasanya banyak digunakan dalan makanan cepat saji (instan).
5. Menghindari alkohol
Menghindari minuman beralkohol selain sangat membatu mencegah diabetes, mengurangi resiko terkena diabetes, juga menurunkan resiko terkena penyakit kronik lainnya.

6. Dukungan
Dukungan dalam keluarga dan juga pergaulan sangat diperlukan untuk pencegahan diabetes. Dalam keluarga misalnya selalu menyajikan makanan sehat dengan variasi resep masakan yang diolah dengan memperhatikan faktor makanan penyebab diabetes.